Buah yang berasal dari Afrilka Barat ini memiliki nama ilmiah Synsepalun dulcificum.  Miracle fruit tergolong tanaman perdu, dengan tinggi maksimal pohon hanya 1 meter dan ukurannya kecil.

Miracle sendiri berarti ajaib. Disebut miracle karena buah ini dapat mengubah persepsi rasa di lidah kita yang asam menjadi manis. Atau bisa disebut sebagai “mengelabui” lidah dengan rasa manis selama 1-2 jam. Sehingga makanan apapun yang kita makan, terutama bersifat asam akan terasa manis, setelah pengonsumsian buah ini. Namun, tidak mengurangi atau mengubah kandungan gizi pada makan yang kita konsumsi setelah mengkonsumsi buah miracle meskipun rasanya berubah menjadi manis.Semua ini berkat dari kandungan protein bernama miraculin dalam buah  yang mampu menstimulasi rasa manis pada lidah.

Keajaiban buah ini telah mendapat perhatian ramai saintis dunia dan kini telah banyak saintis menghasilkan penelitian di jurnal-jurnal ilmiah kerena keajaibannya mengubah rasa seperti contohnya Dr. WF Daniell yang telah menerbitkan sebuah artikel bertajuk “Miraculous Berry” pada Pharmaceutical Journal, Vol. Xl.

Manfaat dari buah ini juga sangat banyak. Bagi kalian yang ingin menurunkan barat badan atau diet, buah ini bisa menjadi salah satu alternatif pembantu. Ataupun bagi penderita diabetes dapat sangat membantu untuk memanipulasi rasa makanan, meskipun makanan yang dimakan rasanya hambar ataupun pahit.

Buah ini juga dapat menjadi alternatif bagi kalian yang tidak suka rasa makanan atau sayuran tertentu dan juga dapat membantu saat meminum obat. Selain manfaat di atas, buah ini juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.