Bahwasanya tak ada yang hidup kekal kecuali Ia yang telah menciptakan alam semesta dan seluruh isinya yaitu Allah SWT. Kematian akan dialami oleh setiap mahluk yang bernyawa; manusia pun akan mengalaminya ketika maut menghampiri, kita tak akan mampu berbuat apa-apa. Hanya amal shaleh yang akan menolong, seseorang yang sudah meninggal tak bisa menambah amal kebaikannya. Kewajiban kita sebagai seorang muslim sebaiknya mendoakan dan menziarahinya.

Ziarah menurut bahasa adalah berkunjung, sedangkan menurut istilah adalalah  menggujungi makam manusia yang sudah meninggal, Dalam riwayat Imam Muslim Rasullah SAW  menuturkan:

فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْمَوْتَ

Artinya: “Maka berziarah kuburlah kalian, karena sesungguhnya ziarah kubur itu dapat mengingatkan pada kematian.”

Zakariya Al-Anshari dalam Asnal Mathalib menyatakan: “Ziarah kuburnya umat Islam itu sunnah bagi laki-laki karena ada hadits riwayat Muslim “Aku dulu melarang kalian ziarah kubur, sekarang berziarahlah, karena ziarah kubur itu mengingatkan akhirat.” Ziarah kubur makruh bagi wanita karena lemahnya hati mereka. Tapi tidak haram berdasarkan hadits riwayat Muslim dari Aisyah ia berkata: Aku bertanya pada Nabi: Apa yang aku katakan saat ziarah kubur? Nabi menjawab: Katakan ” السَّلَامُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ ” dst. Adapun hadits “Allah melaknat wanita peziarah kubur” maka hal ini dikaitkan apabila ziarah itu  digunakan untuk menangis dan mengeluh seperti kebiasaan mereka

Adapaun adab ziarah kubur adalah: meniatkan semata-mata karena Allah dan untuk mengingat kematian, tidak melakukan perjalanan karena untuk ziarah, mengucapkan salam ketika memasuki area makam, melepaskan alas kaki, tidak menduduki kuburan dan melangkahinya, mendoakan mayit (jika seorang muslim), mengangkat tangan menghadap kiblat, tidak mengatakan kata-kata kotor, tidak menagis berlebihan karena meratapi nasib

Demikianlah beberapa uraian sekilas tentang ziarah kubur. Semoga dengan berziarah kubur akan mengingatkan kita kepada kematian dan dapat memperbanyak amal shaleh, sebab hanya amal baik yang akan menolong kita ketika dimintai pertanggung jawaban pada hari pembalasan nanti.