Masa depan merupakan masa transisi dari masa lalu yang telah terjadi dan tak mungkin akan kembali lagi. Semakin bertambah umur seseorang, biasanya akan bertambah pula kekhawatiran mengenai masa depan. Masa depan memang tidak pasti, akan tetapi apa salahnya jika kita bisa mengangan-angan akan hal yang lebih menarik dari masa kini. Perlu diketahui juga bahwa yaqin dengan diri sendiri merupakan hal yang wajib tertanam dalam diri kita. Yaqinlah bahwa kita mempunyai masa depan yang cerah dan sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mulai merencanakan masa depan kita.

Ada sebuah peribahasa “masa depan adalah milik orang yang tahu bagaimana caranya menunggu”. Dengan mengetahui bagaimana caranya menunggu, perlahan-lahan pemikiran seseorang akan semakin terbuka.Cara memulai masa depan adalah dari sekarang, jika kita memulainya sekarang maka kita akan tahu banyak hal di masa berikutnya yang belum diketahui di masa sekarang. Metode paling efektif meraih masa depan adalah menghadapi masa kini dengan berani dan konstruktif. Banyak cara yang bisa kita lakukan selagi ada kemauan dan ide-ide yang ada dalam pikiran. Kita juga dituntut oleh zaman akan pembaharuan dalam bidang saintek, yang tak henti-hentinya selalu ada pemikiran yang tertuang dalam benak putra bangsa Indonesia.

Telah banyak penemuan yang ditemukan oleh putra-putri bangsa Indonesia, yang diperoleh dari berbagai eksperimen yang kreatif, inovatif, dan inspiratif. Dimulai dari pemanfaatan barang-barang sederhana yang mereka sulap menjadi barang yang selalu dibutuhkan masyarakat luas.

Tujuan sebenarnya adalah sebuah hasil dari yang kita lakukan sekarang bukan apa yang kita mimpikan sekarang, karena apa yang kita inginkan belum tentu terjadi sesuai dengan keinginan kita, masa depan kita adalah kita sendiri yang menentukan tidak ada campur tangan orang lain. Apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai. Karena itu, siapapun yang ingin tahu masa depannya, maka lihatlah apa yang dilakukannya sekarang.

Sebagai contoh kita punya pilihan untuk menjadi rajin dan menjadi pemalas, apabila kita menjadi seorang yang rajin sudah pasti kita akan mendapat sesuatu ganjaran yang pantas dengan apa yang kita lakukan, akan tetapi jika kita memilih menjadi pemalas maka kita akan mendapat pula hasil yang sepadan dengan yang kita lakukan. Kita bisa melakukannya dengan cara giat belajar karena pada hakikatnya kita adalah pelajar yang harus selalu belajar baik dari pengalaman, nasihat, maupun materi. Dengan cara itu kita sudah menabur dan mempersiapkan masa depan kita kelak.