HSeorang santri pasti merindukan sebuah kerinduan ketika berada di pondok. Entah itu rindu dengan hal yang konyol atau hal yang menarik dalam pikirannya. Karena seorang santri bisa merasakan arti sebuah rindu dalam dirinya yang menuntut mereka untuk lebih dewasa dan mandiri dalam segala hal yang ia jalani. Berikut beberapa hal yang dirindukan oleh seorang santri saat di pondok:

Rindu dengan keluarga

Seorang santri pasti merindukan kondisi keluarganya dirumah. Dengan kebiasaan baru dan berbeda saat masih dirumah seorang santri dituntut untuk lebih mengefisiensikan waktunya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Dari yang sebelumnya mungkin hanya mengaji saat ba’da maghrib saja, saat dipondok harus mengaji ditiap-tiap waktu setelah solat fardu kecuali ba’da dzuhur yang kepotong dengan kegiatan sekolah. Dengan kesibukannya yang ia jalani, sudah tak heran lagi bagi seorang santri mengantukdisela-sela waktu sekolah. Hal tersebut karena mengeluarkan tenaga dan pikirannya seharian full.

Semangat dan daya juang seorang santri akan bertambah ketika ia mengingat lagi tujuan untuk apa ia dipondokkan, yaitu mencari ilmu. Selalu mendengar kata-kata yang diucapkan oleh kedua orang tua mereka yang selalu memberikan motivasi dan dukungan yang tiada hentinya demi kebaikan yang akan diperolehnya nanti. Orang tua tidak akan merasa rugi jika melihat perubahan yang baik dari sisi akhlak, adab, anggah-ungguhnya. Meskipun telah mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah, orang tua akan merasa bangga dengan anaknya.

Rindu berangkat sekolah bersama

Sudah menjadi ciri khas bagi seorang santri ketika dimanapun, kapanpun, saat dalam kondisi keluh kesah pun selalu bersama. Karena mereka melakukan kegiatan sehari-hari selalu bersama sehingga memunculkan solidaritas yang tinggi. Dengan melakukan tingkah konyol yang menimbulkan tertawa yang tiada hentinya, membuat mereka merasakan kalau dunia adalah milik mereka. Hal itu pun selalu dilakukannya ketika mereka sedang berangkat sekolah bersama. Berjalan mengiringi jalan setapak di pagi hari dengan suasana hati yang riang gembira membuat mereka selalu bersemangat dalam menjalani kesehariannya.

Ketika ada salah satu temannya yang belum siap berangkat sekolah, mereka tidak akan melangkahkan kakinya sebelum mereka itu benar-benar lengkap. Mereka merelakan waktunya hanya demi dengan kebersamaan, karena menurut mereka dari kebersamaan lah akan tercipta sebuah rasa keluarga sendiri. Tak kadang juga ketika berangkat kesiangan mereka pun diprinsipkan untuk selalu bersama. Adapun ketika waktu pulang sekolah tiba, mereka akan saling tunggu ditempat yang sudah mereka tentukan bersama.

Rindu saat dibangunkan waktu subuh     

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang santri bangun lebih awal ketika waktu subuh tiba. Kebanyakan dari mereka masih menahan rasa ngantuknya untuk bisa melangkahkan kakinya ke masjid. Ada juga sebagian dari mereka susah untuk bangun dari tidurnya karena terkalahkan oleh rasa ngantuknya tersebut. Tak letih pula para pengurus yang mengubraknya bolak-balik keliling di setiap kamar untuk memastikan bahwa tidak ada yang masih tidur. Karena solat berjamaah subuh merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh semua santri.

Rindu makan bersama dalam satu wadah

Makanan merupakan barang yang selalu diinginkan untuk dimakan ketika disaat jatah makan belum dibagi. Seorang