Buat kalian yang di pesantren, kalian pasti sering mengeluh dengan sibuknya menjadi seorang santri. Mengeluh dengan jadwal yang selalu tak meluangkan waktu. Dengan berbagai aktivitas dan segudang tugas ditambah bermacam-macam hafalan. Belum lagi kalian yang tidak hanya mengaji saja tapi juga punya tanggung jawab buat belajar di sekolah. Nah, itu pasti menambah beban pikiran, menguras waktu dan tenaga bahkan pikiran.

Terkadang kalian mungkin sering mengeluh karena setumpuk tugas sekolah dan tugas mengaji, berbagai pekerjaan dan tugas yang terus berdatangan dari hari ke hari dari guru satu ke guru yang lain. Bahkan belum lagi bagi kalian yang aktif di organisasi. Kalian mencapai titik kesulitan bagaimana harus memanage dan mencuri waktu untuk hafalan, sedangkan kalian sendiri mempunyai dua tanggung jawab yaitu sebagai santri dan siswa. 

Pernahkah kalian berfikir bagaimana caranya membagi waktu 1 hari 24 jam itu untuk menyapu habis semua aktivitas?  Nah, untuk kalian saya ada tips ala santri nih, bagiamana caranya agar  antara tugas pesantren dan tugas sekolah terselesaikan tanpa mengorbankan salah satu di antara keduanya. Dengan kata lain kalian bisa membagi waaktu untuk keduanya dengan seimbang. Mau tahu tipsnya, mari kita simak ya.

Para santri sedang mengaji (Harnas)
  • Perbaiki niat

Hal pertama dalam mengerjakan sesuatu atau akan melakukan sesuatu yaitu dengan menata niat terlebih dahulu. Lurusin niat diiringi doa semoga apa yang dikerjakan dalam ridho Allah. Bukankah dalam hadis Nabi dikatakan, “Innamal a’malu binniyat”, sesungguhnya setiap amalan seseorang itu tergantung niatnya. Maka bersungguh-sungguhlah dalam niat menerapkan manajemen waktu antara di pesantren dan sekolah.

  • Keluar dari zona malas

Nah, ini nih penyakit yang menunda tugas kita terselesaikan dan banyak menggerogoti waktu. Sifat malas sendiri yaitu sebuah sifat bawaan manusia yang tidak dapat dihilangkan secara keseluruhan. Tetapi malas dapat dikurangi kadarnya. Setiap orang memiliki kadar malas yang berbeda-beda. Kadar malas seseorang akan semakin besar jika terus dipelihara, tetapi akan mengecil jika terus dilawan. Jadi, solisinya kalain harus menghilangkan rasa malas itu dengan mengurangi kadarnya. Yang dimaksud mengurangi kadarnya di antaranya jangan biasakan menunda tugas/ hafalan, kurangi membicarakan hal yang kurang penting, biasakan bangun lebih awal. Dan yang paling wajib kalian lakukan yang terakhir yaitu paksaan. Mau tidak mau kalian harus memaksa diri sendiri untuk bangkit dari zona malas.

  • Membuat list atau catatan

Kalau buku diari kalian punya, buku catatan kecil kenapa tidak punya. So, biasakanlah kalian membuat atau membawa catatan untuk setiap tugas atau hal-hal apa saja yang ditargetkan untuk dikerjakan. Caranya dengan menyediakan buku atau note kecil sekaligus mencatatkan deadline atau tanggal waktunya. Itu dimaksudkan agar kalian tidak lupa. Selain itu, kalian juga akan terorganisir dengan adanya catatan yang kalian bawa sehingga tugas atau pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

  • Membuat jadwal kegiatan harian

Selain mencatat di buku khusus, kalian bisa menyusun agenda besok sebelum tidur sekaligus me-review kegiatan yang sudah dilakukan. Membuat jadwal merupakan bukti bahwa kalian menerapkan manajemen waktu antara mengaji dan bekajar di sekolah. Pembuatan jadwal kegiatan harian dapat memberikan manfaat positif, selain mengetahui rangkaian kegiatan yang akan dikerjakan, kegiatan kalian di pondok dan di sekolah juga dapat terencana dan terselesaikan dengan baik

Ayo Menulis!
  • Stay focus

Jadi, buat kalian yang mondok sambil sekolah harus benar-benar membagi dengan sepintar mungkin. Ketika sedang mengerjakan tugas pondok pesantren, pastikan untuk tidak memikirkan tugas sekolah ataupun tugas lainnya. Begitu pun sebaliknya. Karena tetap fokus adalah salah satu cara mengelola waktu dengan baik.

  • Gunakan skala prioritas

Bukan hanya di bidang ekonomi saja kita bisa menerapan skala prioritas, kalian bisa gunakan hal ini pada saat memulai suatu pekerjaan. Untuk kalian skala prioritas tidak hanya digunakan untuk memulai mengerjakan tugas. Skala prioritas juga diterapkan ketika kalian memilih aktivitas dan kegiatan lainnya. Misalnya jika ada teman yang mengajak untuk liburan bareng dan belajar bareng, maka prioritaskan untuk memilih belajar bareng.

  • Buat pernyataan konsisten waktu

Tujuanya apa buat kalian? Tujuan dari membuat pernyataan waktu adalah agar kalian lebih tepat dan lebih bisa lagi memanfaatkan waktu dengan efisien. Anggaplah pernyataan konsisten waktu sebagai janji kalian. Bukankah jadwal adalah janji yang harus ditepati.

  • Membuat list capaian prestasi

Buat kalian yang punya impian dan prestasi yang diiginkan, perlu kalian catat dalam buku catatan atau list seperti yang dibicaarakan tadi di pion sebelumnya. Manfaatnya apa? Manfaatnya buat diri kalian itu yaitu supaya kalian selalu semangat. Jadi, dengan melihat tulisan tersebut akan selalu semangat.

  • Memanfaatkan waktu istirahat

Tugas yang kian menumpuk dari pondok maupun sekolah  dalam setiap harinya jangan sampai menyita waktu istirahat kalian. Meskipun banyaknya tuntutan tugas, istirahat harus tetap diperhatikan, karena terkait dengan kesehatan tubuh kita. Bukaanya menyelesaikan tugas dan hafalan dengan tepat waktu, malah berakibat sakit yang menimpa kalin. Sehingga kalian tidak bia menyelesaikan tugas dengan waktu yang telah dimanage. Jadi, kalain pandai- pandailah memanfaatkan waktu istirahat yang telah ditetapkn di pesantren.

  • Fokus sekolah bisa fokus mengaji
  • Manajemen waktu (pengelolaan waktu) mondok sambil sekolah dapat dilakukan dengan mudah. Perhatikan berbagai hal yang dianggap dapat mendukung suksesnya proses pengelolaan waktu. Setiap orang memiliki cara yang berbeda, namun yang harus diterapkan adalah konsisten dalam melakukan cara tersebut.

Gimana sudah disimak dan diamati dengan baikkah? Gampang dan praktis bukan? Jika kalian menjadikanya sebagai suatu kebiasaan pasti akan terasa gampang dan ringan. Ok,Teman-teman sekolah yang sekaligus nyantri, jangan dilema lagi dalam membagi waktu diantara dua. Jangan mengeluh lagi karena tugas dan hafalan yang terus bergilir.Terus jalani keduanya dan lakukan yang terbaik dengan ikhtiar dan berdoa. Semoga tips-tips di atas bisa diamalkan oleh kalian semua. Tetap semangat dan pandailah membagi waktu. Semoga bermanfaat!