Tips menabung seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang dengan alasan gampang. Tapi ujung-ujungnya gagal terus. Nah, mumpung masih mendekati bulan nih, yuk mulai bikin aturan pengeluaran kita dengan baik.

Berikut ini adalah tips menabung yang bisa kita lakukan dalam satu minggu. Yuk kita simak !

1. Hari pertama : Mengetahui kebiasaan buruk diri sendiri

Hari pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui kebiasaan buruk kita, seperti doyan jajan. Maka kita harus bisa mencari solusinya.

2. Hari kedua : Merekap pengeluaran di bulan terakhir

Dengan begitu kita bisa tahu mana yang jadi prioritas pengeluaran dan yang tidak penting di bulan selanjutnya. Selain itu kita juga jadi tahu berapa kira-kira uang yang perlu disiapkan untuk pengeluaran wajib.

Iklan Buku Cigaru.id
Iklan Buku Cigaru.id

3. Hari ketiga : Menekan biaya

Contohnya, biaya yang harus kita tekan adalah layanan internet. Jika kita merasa biaya internet dalam satu bulan terlalu mahal, maka kita bisa menggantinya dengan harga yang lebih murah.

4. Hari keempat : Mengubah kebiasaan

Jika biasanya kita dan teman-teman suka nongkrong di mall dan menghabiskan uang untuk berbelanja sesuatu yang tidak penting, maka kita harus menghilangkan kebiasaan tersebut. Misalnya dengan berbelanja sesuai dengan kebutuhan saja.

5. Hari kelima : Tetap konsisten

Kita harus tetap konsisten menabung setiap hari. Berawal dari jumlah yang kecil asalkan konsisten.

6. Hari keenam : Tahan godaan

Misalnya, jika kita pergi ke mall kemudian melihat sesuatu yang menarik, maka kita harus ingat akan niat kita untuk menabung.

7. Hari ketujuh : Hitung hasilnya

Akhirnya sudah satu minggu menabung dan ekstra ngirit. Waktunya menghitung hasil yang didapatkan. Kita juga boleh memberi penghargaan pada diri sendiri karena telah berhasil menahan diri selama satu minggu.