Dalam ajaran islam banyak sekali cara agar hidup kita menjadi tentram, damai  berada dalam ayunannya. Allah sudah memberi rambu-rambulewat kalam-kalam-Nya dalam al-Qur`an, serta dalam hadis dan peristiwa para pendahulu kita.

Namun, tak jarang kita selalu lupa bahwa kita punya ayunan yang sangat kuat untuk berkeluh kesah kepada-Nya, malah kita sering membeberkan di facebook, instagram bikin snap di WA dan lain sebagainya agar orang lain tahu. Duh, apa gak malu yah padahal rasul kita adalah insan yang sangat pemalu.

Nah, jadi gini. Kalau misal kita sedang galau diputs pacar, atau karena sesuatu yang kita harapkan tidak kesampaian, kita harus selalu ingat bahwa hanya Allah satu-satunya yang punya segala-galanya dan yakin Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik lagi.

Move on secara “Islami” tak membutuhkan waktu lama apalagi menghabiskan uang untuk travelling kesana-kemari. Kita cukup berdoa kepada Allah seperti doa yang dipanjatkan Ummu Salamah ketika ditimpa musibah:

       مِنْهَا خَيْرًا لِي وَأَخْلِفْ مُصِيبَتِي، فِي أْجُرْنِي اَللَهُمَّ –  رَاجِعُونَ إِلَيْهِ وَإِنَّا لِلَّهِ إِنَّا

INNAA LILLAAHI WA INNAA ILAIHI RAAJI’UUN – ALLAHUMMA’-JURNII FII MUSHIIBATII, WA AKHLIFLLII KHOIRAM MINHAA

“Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah aku dengan yang lebih baik daripada musibah ini.”

Shalat (Foto: Istimewa/Depok Pos)

Nah, jadi ketika ada masalah coba deh setelah shalat membaca do’a di atas dengan suara yang lirih dan harus 100% yakin bahwa Allah akan memberikan yang lebih baik, Sehingga kalau nanti ada masalah, berarti bakal ada yang lebih baik yang ditunjuk oleh Allah kepada kita.